Cara Konfigurasi Xampp Untuk Membuat Subdomain

Mengkonfigurasi Subdomain di Xampp

Fitur virtual hosting apache memudahkan untuk host beberapa situs Web atau aplikasi web pada server yang sama, masing-masing dapat diakses dengan nama domain yang berbeda. Namun, bila Anda memiliki sejumlah besar virtual host berbagi konfigurasi hampir identik, subdomain berbasis wildcard memudahkan perawatan dan mengurangi usaha yang terlibat dalam menambahkan virtual host baru.

Dengan subdomain wildcard, itu tidak lagi diperlukan untuk mengedit file konfigurasi Apache atau restart server untuk menginisialisasi virtual host baru. Sebaliknya, Anda hanya perlu membuat subdirektori yang cocok dengan nama subdomain pada server dengan konten Anda, dan Apache secara otomatis akan menggunakan direktori yang melayani permintaan yang sesuai subdomain.

Virtual host dibuat dengan cara ini tidak akan dapat diakses dari sistem lain, kecuali sistem-sistem yang terpisah dikonfigurasi untuk mengasosiasikan domain khusus yang digunakan oleh host virtual dengan alamat IP dari server XAMPP.

Panduan ini menuntun Anda melalui proses pengaturan virtual host wildcard dengan XAMPP, sehingga permintaan untuksubdomain.localhost secara otomatis dilayani oleh subdomain / direktori root dokumen server utama. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:. Ubah ke direktori Anda XAMPP instalasi (biasanya, C: \ xampp ) dan buka httpd.conf file dalam apache \ conf \subdirektori menggunakan editor teks favorit Anda. Dalam file, cari baris berikut dan tanda komentar itu dengan menghapus simbol hash (#) di awal baris.

modul LoadModule vhost_alias_module / mod_vhost_alias.so
  1. Selanjutnya, edit httpd-vhosts.conf file dalam apache \ conf \ extra \ subdirektori dari direktori instalasi XAMPP Anda.
  2. Mengganti isi file ini dengan perintah berikut:
    UseCanonicalName Off
    <VirtualHost *: 80>
           DocumentRoot "C: / xampp / htdocs /"
           ServerName localhost
    </ VirtualHost>
    <VirtualHost *: 80>
           ServerAlias * .localhost
           VirtualDocumentRoot "C: / xampp / htdocs /% 1 /"
    </ VirtualHost>
    image1

    Dalam konfigurasi ini, blok virtual host pertama mengkonfigurasi bagaimana permintaan ditangani secara default. Blok kedua mengkonfigurasi virtual hosting wildcard untuk subdomain, sehingga permintaan untuk subdomain.localhost secara otomatis dilayani oleh subdomain \ direktori dari C: \ xampp \ htdocs \ direktori. Secara khusus, perhatikan% 1 placeholder, yang cocok dengan nama subdomain dari URL permintaan.

  3. Restart Apache menggunakan panel kontrol XAMPP untuk perubahan berlaku.
    image2

Pada titik ini, subdomain wildcard Anda dikonfigurasi. Anda dapat dengan mudah menguji ini dengan menggunakan Windows Explorer untuk membuat dua subdirektori baru di C: \ xampp \ htdocs \ app01 \ dan C: \ xampp \ htdocs \ app02 \ . Dalam setiap subdirektori, membuat file bernama index.html dan mengisinya dengan beberapa konten sampel HTML. Gunakan konten yang berbeda untuk setiap file, sehingga Anda dapat dengan mudah membedakan bahwa mereka sedang dilayani dari direktori yang berbeda – misalnya:

<! - Index.html dalam direktori app01 ->
<Html>
 <Head> </ head>
 <Body>
  <H1> Selamat Datang app01.localhost! </ H1>
 </ Body>
</ Html>
<! - Index.html dalam direktori app02 ->
<Html>
 <Head> </ head>
 <Body>
  <H1> Hello dari app02.localhost! </ H1>
 </ Body>
</ Html>

Sejak domain ini tidak benar-benar ada dalam kenyataan, Anda juga perlu untuk memetakan ke alamat IP lokal. Buka file C: \ windows \ system32 \ drivers \ etc \ host dalam editor teks dan tambahkan baris berikut untuk itu:

127.0.0.1 app01.localhost app02.localhost
image3
Anda akan perlu melakukan hal ini setiap kali Anda ingin mengkonfigurasi virtual host baru wildcard, karena Windows host file tidak mendukung entri wildcard. Untuk menghindari langkah ini, Anda dapat menggunakan server DNS atau Proxy DNS lokal yang mendukung wildcard dan karena mengurus permintaan otomatis menyelesaikan untuk * .localhost ke alamat IP lokal.
Pada beberapa versi Windows, Anda tidak akan dapat mengedit C: \ windows \ system32 \ drivers \ etc \ hostsmengajukan tanpa hak administrator. Anda dapat mengedit file dengan mengklik kanan ikon Notepad dan memilih “Run as administrator” pilihan menu, kemudian memasukkan kredensial administrator (jika diperlukan) dan mengklik “OK” atau “Ya” untuk melanjutkan.

Pada titik ini, Anda harus dapat memasukkan URL http: //app01.localhost atau http: //app02.localhost di address bar browser Anda, dan Anda kemudian akan melihat halaman HTML yang sesuai.

image4
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s