Setting Mysql supaya aplikasi client-side bisa akses data di MySQL (Server)

Sebenarnya Pertanyaan ini sudah muncul dari dulu ketika sedang membuat database dengan mengunakan Mysql Query Browser. bagi yang belum pernah pake coba deh kamu download di link:

http://dev.mysql.com/downloads/gui-tools/5.0.html atau

http://www.brothersoft.com/mysql-query-browser-for-windows-71868.html

jika sudah punya coba buka MySQL Query Browser.

Permasalahan yang saya pertanyakan adalah bagaimana caranya jika mysql-nya bukan dari local atau komputer kita.  Misalnya saja kita sudah memiliki 2 komputer yang sudah dapat berkomunikasi, Misal dengan LAN. Misal saja komputer-komputer tersebut memiliki IP masing-masing. Kompi1: 192.168.0.8 dan Kompi2:192.168.0.9, Studi kasusnya begini Gambar dibawah ini merupakan aplikasi Query Browser dan aplikasi ini bisa kita letakkan pada komputer Client. Secara singkatnya kita pasangkan/instal Mysql Query Browser ini pada Kompi2 dengan IP 192.168.0.9 dan Kompi1 dengan IP 192.168.0.8 dijadikan server dengan menginstal apache dan mysql atau menginstal paket Xampp (apache+mysql). Nah pertanyaan besarnya bagaimana Kompi2 (192.168.0.9) dapat mengakses database di Kompi1 (192.168.0.8). Apakah Server Host-nya kita ganti dengan 192.168.0.8 ????

gambar diatas merupakan aplikasi yang running di Kompi2 192.168.0.9

Ternyata Jika kita hanya mengganti Server host-nya dengan 192.168.0.8 saja, Hal itu belum cukup karena database di kompi1 (192.168.0.8) belum mengizinkan. Ketika itu saya belum mengerti apa sieh yang salah. Karena membuat bingung yah saya tinggalin saja apa penyebabnya.

Akan tetapi Pertanyaan itu ternyata tidak hanya mengusik saya sebatas penggunaan MySQL Query Browser. Ternyata Hal itu terjadi lagi ketika saya sedang membuat aplikasi dengan JAVA yang menggunakan Koneksi dengan database. Ketika proses Development, hal tersebut belum muncul masalah, karena developnya di komputer sendiri dan server-nya di komputer yang sama, Otomatis tidak terbentur kendala. Akan tetapi ketika aplikasi buatan saya di cobakan pada komputer yang hanya sebagai Client saja…. tuing..tuing…. weitz kok sama ya kayak aplikasi query browser. Ternyata permasalahan dalam menggunakan aplikasi query browser terulang juga pada aplikasi yang saya buat.  Hal tersebut terulang karena merupakan bagian yang dasar banget dari konsep server-client pada sebuah aplikasi server-client. Terpaksa deh mau ngak mau saya harus memecahkan permasalahan tersebut. Seketika itu saya pun bertanya sama  tanto, to piye ki kok ngak konek jika aplikasi ditaroh di client. Dan Tanto memberi solusinya, secara garis besar begini:

Memang benar pada aplikasi Client harus kita setting url database yang dituju (server yang dipasang database). Akan tetapi database di server harus kita setting dulu. Cara settingnya adalah buka terlebih dahulu database yang ada di Kompi1 (192.168.0.8), Lalu buka phpmyadmin kemudian pilih database dengan nama mysql lalu pilih tabel user kemudian kita tambahkan deh IP user client-nya.  Untuk kasus yang saya buat adalah seluruh aplikasi-client (dengan IP bebas) dapat mengakses database di server dengan Username root dan password-nya kosong. Dengan kasus ini saya beri nama Host-nya dengan % tetapi kalau udah fixs client-nya yang bisa akses langsung ke database server, ya host-nya kita masukkan saja IP-nya client tersebut. Tampilan  tabel user pada server ada dibawah ini:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s